Pengereman adalah satu hal yang amat
penting diketahui pengendara saat berkendara sepeda motor. Masih banyak
pengendara sepeda motor yang tidak tahu teknik pengereman yang benar. Mengerem harus memperhatikan jarak pandang jauh ke depan , jangan
menunduk atau cuma perhatikan speedometer dan setang saja, ini dimaksudkan agar
kita bisa mengantisipasi gangguan dan rintangan yang ada didepan motor kita. Berikut
7 hal tentang pengereman sepeda motor:1.
Gunakanlah
rem depan (rem tangan)! Kesalahan yang kebanyakan kita gunakan adalah rem
belakang saja, padahal rem depan komposisinya adalah 70 % dibanding penggunaan
rem belakang (rem kaki). Mengerem roda depan dengan yakin, bertahap dan kuat
adalah skill yang harus dimiliki dan harus selalu dilatih ditempat yang aman. 2.
Teknik
pengereman sepeda motor yang baik dan efektif pada kecepatan tinggi adalah dengan
pengereman kombinasi, dengan rem depan dan belakang secara bersamaan dengan
posisi kendaraan tegak lurus.3.
Teknik
pengereman yang baik dan efektif pada jalan licin dan berair adalah dengan
melakukan pengereman dengan teknik rem pomped (pompa) dengan cara pedal rem
diinjak, dilepas, dan diinjak lagi secara cepat.4.
Engine
brake, efek pengereman yang ditimbulkan akibat penurunan kecepatan putaran
mesin (tidak ada untuk type matic), bisa membantu mengurangi laju kendaraan
akan tetapi yang bisa menghentikan laju kendaraan adalah rem. Apabila teknik
pengereman sudah dikuasai dan terlatih untuk melakukannya, maka kepercayaan
diri akan meningkat dan jarak pengereman bisa diperpendek.5. Penggunaan rem belakang saja hanya disarankan untuk kondisi
tertentu. Misalnya melewati turunan dengan kecepatan rendah. Rem belakang saja
akan membuat sepeda motor tidak stabil alias ”ngesot”.6. Belok
rebahan dengan kecepatan tinggi lantas melepas gas mendadak efeknya sama dengan
menekan pedal rem belakang keras-keras. Gaya belok begini bisa menghilangkan
traksi ban belakang. Anda akan ngepot terus jatuh.7. Tikungan, Rem hanya digunakan menjelang masuk tikungan untuk
memperlambat laju. Begitu sudah masuk tikungan, justru lakukan akselerasi agar
cengkeraman roda depan semakin baik. Banyak yang salah, saat berada di tikungan
malah melakukan pengereman. inget
bro ini fatal, Jangan ngerem saat belok, ngerem harus dilakukan sebelum
belokan, Jadi ngerem dulu baru deh belok.
(Kendy Azrumie)
cakeepp..
BalasHapus